Jajaran Lantamal IV dan FKPD Kepri Laksanakan Upacara Sumpah Pemuda

oleh -554 views
Pengibaran bendera merah putih oleh Lantamal IV dalam upacara peringatan Sumpah Pemuda ke 89. (ist)

Patrolmedia.co.id, Tanjungpinang – Memperingati Hari Sumpah Pemuda ke 89 tahun yang jatuh setiap 28 Oktober, jajaran Lantamal IV Tanjungpinang bersama seluruh Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FKPD) Provinsi Kepri menggelar upacara yang dilangsungkan di Gedung Daerah Jalan S.M. Amin No.1 Tanjungpinang, Kepri, Sabtu (28/10/2017).

Peringatan Sumpah Pemuda itu menggunakan busana adat daerah, tak terkecuali Danlantamal IV Laksamana Pertama TNI R. Eko Suyatno turut mengenakan busana Kurung adat Melayu Riau.

“Segala perbedaan yang mengarah pada perpecahan bangsa harus dihentikan. Pemuda seharusnya malu dengan para pemuda 1928 dan juga kepada Bung Karno, jika kita masih berkutat di soal-soal perbedaan,” kata Nurdin Basirun, Sabtu (28/10/2017).

Dia menyebutkan, pemuda sudah saatnya melangkah ketujuan yang lebih besar yaitu mewujudkan kesejahteraan dan keadilan sosial bagi seluruh Rakyat Indonesia.

“Para pemuda di era saat sekarang harus kreatif dan berprestasi mewujudkan dan meneruskan cita-cita bangsa menjadi pemuda yang berguna untuk bangsa ini,” jelasnya.

Selain itu, serangkaian upacara peringatan juga membacakan Teks Pancasila, Pembukaan UUD 1945 dan Pembacaan Teks Keputusan Kongres Pemuda Indonesia 1928.

Seluruh pimpinan FKPD Kepri dan Jajaran Lantamal IV peringati hari Sumpah Pemuda. (ist)

Selain Gubernur Kepri, upacara dihadiri Pejabat Pemprov Kepri, pelajar SMA dan SMP Tanjungpinang, Organisasi Kemasyarakatan. Kemudian jajaran asisten Danlantamal IV, Kakuwil Lantamal IV, Kepala Dinas, Kepala Satuan Kerja dan Komandan di lingkungan Lantamal IV serta diikuti Prajurit dan Aparatur Sipil Negara (ASN) dari Mako Lantamal IV, RSAL Dr Midiyato S, Yonmarhanlan IV TPI, Wing Udara 2 dan Lanudal TPI.

Ditempat berbeda, peringatan Sumpah Pemuda juga dilaksanakan di Markas Komando Lantamal IV Tanjungpinang yang dipimpin oleh Wakil Komandan Lantamal IV Kolonel Laut (P) Dwika Tjahja Setiawan sebagai inspektur upacara. (Chandra/R)