Program Mudik Gratis 2020 Dibatalkan, Ini Penjelasan Kemenhub

oleh -975 views

Sementara, total bus yang digunakan 1.317 bus dengan 1.117 unit bus pariwisata, mampu mengangkut 50.625 penumpang dan 200 unit bus AKAP dapat mengangkut 900 penumpang.

Kemenhub juga menyediakan 111 truk untuk mengangkut sepeda motor para pemudik. 112 truk itu mampu menampung 4.995 unit sepeda motor yang meningkat hingga 62% dari 2019.

Pihaknya menyebut tujuan mudik terdapat 37 kota saat mudik dan 5 kota saat pulang. Terdapat kota tujuan mudik baru pada mudik gratis kali ini yakni rute Denpasar-Surabaya dan Denpasar-Yogyakarta.

Sementara, 2 kota tujuan untuk mudik gratis yang menggunakan kapal Ferry yakni tujuan Lampung dan tujuan Semarang.

Dengan begitu, keseluruhan rencana mudik gratis Kemenhub resmi dibatalkan guna mengurangi pergerakan manusia yang mungkin membuat penyebaran virus corona semakin meluas.

Selain itu, dia menegaskan pemerintah mendorong agar masyarakat tidak melakukan mudik saat Lebaran kali ini.

Sosialisasi dan ajakan kepada masyarakat agar tetap di rumah selama periode mudik Lebaran dan saat Lebaran pun akan mulai dilakukan.

“Pemerintah mendorong sosialisasi untuk mengajak masyarakat untuk tidak mudik. Artinya, mudik gratis ini akan dibatalkan termasuk Mudik Gratis BUMN juga, kita lebih baik di rumah masing-masing saja,” katanya.

Editor: Chandra Adi Putra