Program Mudik Gratis 2020 Dibatalkan, Ini Penjelasan Kemenhub

oleh
Ilustrasi pemudik di Batam. (Foto: Polrestabarelangkepri)

Patrolmedia.co.id, Jakarta –  Rencana pelaksanaan mudik gratis Lebaran 2020 yang menjadi program dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub), terpaksa dibatalkan.

Langkah itu dilakukan guna mencegah penyebaran Virus Corona atau Covid 19 yang diprediksi masih terus berlanjut hingga Idul Fitri.

Dikutip dari Bisnis.com, Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiyadi menyebut hasil diskusi internal bersama Menteri Perhubungan Ad Interim, Luhut Binsar Panjaitan, diputuskan mudik gratis pada Lebaran 2020 dibatalkan.

“Rapat dengan pak Menko Maritim dan investasi dan diskusi-diskusi kami memang sudah dibatalkan (mudik gratis), tapi ini lagi dilakukan ada yang sudah kontrak dan sebagainya,” kata Budi, Senin (23/3/2020).

Pembatalan itu, lanjutnya, termasuk mudik gratis pada moda-moda lain, seperti kereta api, bus, penyeberangan, kapal, dan pesawat yang sudah direncanakan Kemenhub.

Bagi penumpang moda kereta api yang terlanjur memesan tempat, tiket dikembalikan.

Padahal, Ditjen Perhubungan Darat sudah menyiapkan anggaran sebesar Rp34,48 miliar pada mudik gratis kali ini, atau lebih besar 6% dibanding mudik gratis tahun lalu sebesar Rp32,45 miliar.