Diminta Dirikan Posko Penanganan Corona, Wawako Solok: Kita Akan Koordinasikan

oleh
Wakil Walikota Solok Reinier memberikan materi pelatihan pendidikan dasar kebangsaan dan bela negara kepada pemuda Kota Solok (Foto: Humas Pemko Solok)

Patrolmedia.co.id, Solok – Pemerintah Kota (Pemko) Solok diminta untuk mendirikan posko penanganan virus Corona, sebagai persiapan untuk mendeteksi para perantau yang pulang kampung ke Solok.

Adapun rencana penempatan lokasi posko tersebut berada di Terminal Bareh Solok.

“Soal posko penanganan Covid 19 ini, kita akan berkoordinasi dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan instansi terkait,” kata Wakil Wali Kota Solok Reinier, kepada Patrolmedia.co.id, Rabu (25/3/2020).

Reinier sangat mendukung segala bentuk upaya untuk mencegah dan melawan penyebaran Covid 19.

“Maka itu kita harus segera melaksanakan hal-hal untuk mengantisipasi dan mematikan mata rantai penyebaran covid-19 di kota yang sama2 kita cintai ini,” katanya.

Apalagi, lanjutnya, penularan virus justru terjadi dari seseorang yang tampak sehat tapi membawa virus dalam masa inkubasi yang kemudian dapat menular ke orang lain di berbagai tempat yang dikunjunginya.

“Kemungkinan lain orangnya sehat dan tanpa virus, namun karena bertemu dengan orang yang terpapar, akhirnya dia juga kena imbas yang nantinya dapat menularkan virus itu juga di kampung, ini yang kita sangat khawatirkan,” ungkapnya.

Sebelumnya, Anggota DPRD Kota Solok Leo Murphy meminta Pemko Solok untuk mendirikan posko penanganan virus Covid 19 di Terminal Beras Solok guna mendeteksi perantau yang pulang kampung.

“Kita dapat laporan dari warga, ada beberapa bus yang sudah masuk dini hari tadi,” kata Leo.

Leo mengemukakan, mengingat antisipasi penyebaran virus corona, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Barat sebelumnya telah mengimbau seluruh perantau agar tidak pulang kampung untuk sementara waktu.

“Imbauan itu ada dalam Surat Edaran Pemprov Sumbar pada 23 Maret 2020, yang ditandatangani Kepala Biro Kerja Sama, Pembangunan dan Rantau Setdaprov Sumbar,” kata Politikus PDI P itu.

Penulis: Niko Irawan
Editor: Erwin Syahril