Perluas Kepesertaan, BPJS TK Terapkan Program Jaminan Sosial ke Pengelola Kawasan Industri

oleh -822 views
BPJS Ketenagakerjaan Batam Nagoya berfoto bersama dengan 42 pengelola kawasan terdiri dari pengelola kawasan industri, perbelanjaan, dan pengelola kawasan perkantoran. (Foto: Patrolmedia)

Patrolmedia.co.id, Batam – Untuk memperluas cakupan kepesertaan, BPJS Ketenagakerjaan Batam Nagoya menerapkan program jaminan sosial ketenagakerjaan kepada 42 kawasan pengelola, diantaranya pengelola kawasan industri, gedung dan pengelola Mall di Batam.

Kepala Kantor BPJS Ketenagakerjaan Batam Nagoya Surya Rizal mengatakan, implementasi ini bagian dari tanggungjawab BPJS Ketenagakerjaan untuk meningkatkan cakupan kepesertaan di Batam.

“Kami melihat masih banyak di kawasan industri, pusat perbelanjaan dan perkantoran di Batam, belum menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan,” ujar Surya di Harmoni One, Batam Center, Rabu (13/3/2019).

“Contohnya seperti tenant, pelaku UMKM yang berjualan di pusat perbelanjaan juga banyak yang belum mengikuti program BPJS Ketenagakerjaan,” sambungnya.

Surya menuturkan, sebagaimana amanat PP Nomor 85, BPJS Ketenagakerjaan dapat melakukan kerjasama berupa kolaborasi dan sinergi dengan semua pihak untuk perluasan cakupan kepesertaan.

“Caranya, nanti kita akan lakukan MoU, sosialisasi bersama dengan pengelola kawasan di industri, perkantoran dan pengelola pusat perbelanjaan,” tuturnya.

Kedepan, pihaknya akan memberikan award di momen HUT ke 42 BPJS Ketenagakerjaan pada Desember 2019 mendatang.

“Award itu diberikan kepada pengelola kawasan industri, perdagangan dan perkantoran untuk menerima sebagai Kawasan Sadar Jaminan Sosial Ketenagakerjaan,” jelasnya.

Simak juga: 

BPJS TK Soft Launching Kawasan Industri Batamindo Sadar Jaminan Sosial Ketenagakerjaan

Pelaku UMKM di Batam Diharapkan Bekali Diri dengan Program BPJS Ketenagakerjaan

Hotel dan Outsourching Diimbau Daftarkan THL-nya Masuk Program BPJS Ketenagakerjaan

Januari-November 2018, BPJS TK Batam-Nagoya Bayarkan Klaim Rp298.6 Miliar Kepada 28.200 Peserta

Begini Penampakan Desa Sadar Jaminan Sosial Ketenagakerjaan di Tanjung Balai Karimun