BPJS TK Soft Launching Kawasan Industri Batamindo Sadar Jaminan Sosial Ketenagakerjaan

oleh -875 views

Patrolmedia.co.id, Batam – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Batam-Nagoya menjadikan pusat industri Batamindo sebagai kawasan sadar jaminan sosial ketenagakerjaan. Hal itu ditandai dengan soft launching yang digelar bersamaan dengan giat Fun Walk di halaman lapangan Batamindo.

Direktur Pelayanan BPJS Ketenagakerjaan Krishna Syarif mengatakan, dengan dijadikannya Batamindo sebagai kawasan sadar jaminan sosial, agar para pekerja dan masyarakat lebih memahami program dan manfaat dari BPJS Ketenagakerjaan, sehingga semakin sadar pentingnya perlindungan jaminan sosial.

Menurutnya, masyarakat tidak dapat lagi menerapkan case handling, tapi harus mengedepankan happiness dan melahirkan passion, supaya pekerja lebih produktif dan kompetitif.

“Agar semua sadar bahwa pemerintah dan negara hadir memberikan perlindungan menyeluruh,” kata Krishna didampingi Deputi Direktur Wilayah BPJS Ketenagakerjaan Sumbarriau Budiono, saat menghadiri acara Fun Walk BPJS Ketenagakerjaan bersama 2.000 pekerja di kawasan Industri Batamindo, Muka kuning, Minggu (11/11/2018) pagi.

Krishna Syarif didampingi Budiono dan Surya Rizal, menyerahkan santunan JKm kepada ahli waris peserta BPJS Ketenagakerjaan Batam-Nagoya. (Foto: Patrolmedia/Erwin)

Krishna mengatakan, melalui Fun Walk tersebut, pihaknya mengedukasi para pekerja dan masyarakat umum yang hadir untuk mengetahui lebih rinci manfaat 4 program BPJS Ketenagakerjaan yakni Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Kematian (JKm), Jaminan Hari Tua (JHT), dan Jaminan Pensiun (JP).

“Jadi, kita ingin setiap individu di Batam baik penerima upah maupun pekerja informal, nantinya semua sudah menjadi kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan,” katanya.

Untuk itu, ia meminta agar pemberi kerja dan stakeholder terkait memberikan dukungan dan kerjasama agar terwujudnya sadar akan jaminan sosial ketenagakerjaan. Karena, Kawasan industri di Batam makin pesat ia berharap bisa dimulai dari Batam.

“Kita tau kan, banyak sekali kecelakaan kerja seperti bencana alam dan terakhir ada tragedi lion air. Kita tak mau itu terjadi, tapi terpenting semua sudah terlindungi di BPJS Ketenagakerjaan,” tuturnya.

Kepala Kantor BPJS Ketenagakerjaan Batam Nagoya Surya Rizal mengatakan, pusat industri Batamindo merupakan kali pertama menjadi kawasan sadar jaminan sosial ketenagakerjaan.

Sebelumnya, BPJS Ketenagakerjaan tengah gencar menjadikan Desa sadar jaminan sosial ketenagakerjaan.

“Kita harap setelah Batamindo bakal di ikuti pada sentral industri lainnya yang ada di Batam,” kata Surya.

Untuk Fun Walk, lanjut Surya, juga digelar serentak di Kepri yakni di Tanjung Balai Karimun dan Tanjungpinang.

Menurutnya, kegiatan itu wujud kepedulian dan apresiasi pihaknya bagi semua stakeholder, khususnya serikat pekerja, sehingga meningkatkan kepercayaan dan loyalitas kepada BPJS Ketenagakerjaan.

“Selain mengajak para pekerja hidup sehat melalui olahraga, ini bagian cara kami berbagi kebahagiaan (fun day) memberikan hiburan bagi mereka,” kata Surya.

Giat Fun Walk di isi dengan senam zumba, doorprize berupa 2 unit sepeda motor, sepeda, handphone, televisi, kulkas, mesin cuci dan beberpa hadiah menarik lainnya.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Pemko Batam, Kadisnaker Batam, perwakilan serikat pekerja, serikat buruh, pengusaha, 2.000 pekerja dan masyarakat umum.

 

Penulis/Editor: Erwin Syahril