Rudi Minta Notaris Kontrol Pendirian Perusahaan di Batam

oleh
Wali Kota Batam Muhammad Rudi saat Rakor Prinsip Mengenal Pengguna Jasa (PMPJ) Bagi Notaris di Hotel Aston, Kamis 23 Juli 2020. (Foto: Ist)

Patrolmedia.co.id, Batam – Wali Kota Batam, Muhammad Rudi meminta dukungan notaris untuk melakukan pengontrolan terhadap perusahaan.

Hal itu guna memastikan perusahaan di Batam layak dan siap mengikuti tender pemerintah.

“Kami sebagai pelaksana pembangunan daerah. Kami punya anggaran cukup besar. Anggaran ini akan dikembalikan ke masyarakat dengan proyek yang ada. Kalau proyek dilaksanakan oleh perusahaan tapi tidak sempurna, dampaknya ke masyarakat juga,” kata Rudi saat Rakor Prinsip Mengenal Pengguna Jasa (PMPJ) Bagi Notaris di Hotel Aston, Kamis (23/7/2020), dilansir dari Dinas Kominfo Batam.

Ia mencontohkan, ketika ada proyek pemerintah yang tersendat. Setelah dilakukan penelusuran, ternyata perusahaan tersebut tidak kuat secara finansial.

Artinya, ada proses yang salah dari awal. Kalau proses dari pendirian perusahaan sejak awal ada masalah, maka akhirnya akan jadi masalah.

“Maka saya ajak notaris. Kita mulai dari sekarang. Bukan mau kesampingkan anak bangsa. Tapi mau mulai menegakkan. Supaya suatu hari sempurna,” katanya.

Rudi juga mengajak para notaris untuk bersama pemerintah membangun dan menjaga Batam. Jika semua pihak bersatu, termasuk notaris, pembangunan Batam akan lebih cepat.

“Ayo kita buat yang terbaik. Hari ini aturan demi aturan terbit. Pemerintah hanya mengontrol administrasinya. Pelaksanaan di lapangan ada di Bapak Ibu sekalian,” ucapnya.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kepri, Agus Widjaja mengatakan selama ini Notaris sering dimanfaatkan orang tidak bertanggung jawab dalam kegiatan pencucian uang, baik itu terorisme, narkotika, dan lainnya.