Danlantamal IV Pimpin Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila

oleh -493 views
Laksma TNI Arsyad Abdullah memimpin upacara peringatan hari lahir Pancasila di Mako Lantamal IV. (Foto: Penlantamal IV)

Patrolmedia.co.id, Tanjungpinang – Danlantamal IV Laksamana Pertama TNI Arsyad Abdullah memimpin upacara peringatan hari lahir Pancasila di Mako Lantamal IV Tanjungpinang, Sabtu pagi (01/6/2019).

Arsyad mengatakan Pancasila sebagai dasar Negara, yang digali pendiri bangsa adalah suatu anugerah tiada tara dari Tuhan Yang Maha Esa untuk bangsa Indonesia.

“Walaupun kita sebagai bangsa masih belum secara sempurna, kita akui eksistensi keIndonesian sebagai Negara terus bertahan, berkat Pancasila,” kata Arsyad.

Ia mengatakan, peringatan hari lahir Pancasila 1 Juni adalah momentum perumusan Piagam Jakarta oleh Panitia Kecil tanggal 22 Juni.

Kemudian pengesahan Pancasila dalam Pembukaan UUD 1945 oleh Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI) tanggal 18 Agustus 1945.

“Jadi 3 peristiwa penting itu jadi satu kesatuan yang tidak terpisahkan. Dengan demikian, kita harapkan perdebatan tentang kelahiran Pancasila sudah tidak diperlukan lagi,” katanya.

Arsyad mengajak agar semua elemen membangun kebersamaan dan harapan untuk menyongsong kehidupan berbangsa yang lebih baik.

Menurutnya Pancasila sebagai Leitstar Dinamis bintang penuntun mengandung visi dan misi Negara yang memberikan orientasi, arah perjuangan dan pembangunan bangsa kedepan.

Pancasila perlu dijadikan sebagai inspirasi Politik Harapan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Kita semua harus konsiten merealisasikan Pancasila yang akan membawa kemajuan dan kebahagian seluruh bangsa Indonesia,” katanya. (Yani)