FPI Akan Perpanjang Izin Ormas Usai Idul Fitri di Kemendagri

oleh

Ilustrasi massa ormas FPI. (Foto: Merdeka.com)

Patrolmedia.co.id, Jakarta – Setelah momen lebaran Hari Raya Idul Fitri ini, ormas Front Pembela Islam (FPI) berencana bakal mengajukan perpanjangan surat keterangan terdaftar di Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Ketua Umum FPI KH Ahmad Sobri Lubis menegaskan dalam waktu dekat pihaknya akan menyambangi Kemendagri untuk berkomunikasi langsung untuk perpanjangan izin ormas FPI di Indonesia.

Ia mengatakan semua berkas perpanjangan sudah dipersiapkan, hanya tinggal diserahkan kepada Kemendagri.

“Ya dalam waktu dekat ini perpanjangannya. Insya Allah (setelah Lebaran). Kami juga akan datang ke Kemendagri terkait hal ini. Kalau untuk berkas-berkas perpanjangan, Insya Allah sudah siap,” kata Sobri, Senin (13/5/2019).

Soal Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2013 yang telah diubah melalui UU Nomor 16 Tahun 2017 tentang Ormas yang kini memantik kontroversial, Sobri menyebut FPI akan taat dan patuh mengikuti aturan hukum yang berlaku.

“FPI selalu berada di dalam koridor hukum. Kami taat hukum. Tapi kalau aparat penegak hukum tidak menjalankan hukum, gimana dong,” katanya.

Sebelumnya, Kemendagri menegaskan Ormas FPI belum mengajukan perpanjangan surat keterangan terdaftar yang akan berakhir pada 20 Juni 2019.

Mendagri Tjahjo Kumolo tidak membantah tangkapan layar yang beredar mengenai masa berlaku surat keterangan terdaftar FPI. Tjahjo juga membenarkan surat tersebut dapat diperpanjang.

Baca: Izin Ormas FPI di Kemendagri Akan Berakhir 20 Juni 2019