Sambangi Balai Perikanan Budidaya Laut, HIPO Kepri Ingin Bangun Sinergitas

oleh -1.231 views
Pengurus DPD HIPO Kepri yang baru dilantik mengunjungk kantor Balai Perikanan Budidaya Laut (BPBL) Batam. (Foto: Patrolmedia)

“HIPO sudah terbentuk di 33 Wilayah Provinsi di Indonesia, bahkan sudah memiliki jaringan internasional. Dengan pemasaran online, kita dapat melakukan semua usaha dengan baik,” kata Bambang.

Kepala Kantor BPBL Batam, Toha Tusihadi mengatakan, kunjungan HIPO Kepri ingin menjalin sinergisitas untuk membesarkan usaha perikanan di masyarakat, khususnya di bidang teknologi dan budidaya ikan laut Kepri.

“Ditjen perikanan bidang budidaya, KKP (Kementerian Kelautan serta Perikanan), membuka program bantuan benih ikan untuk masyarakat nelayan sejak awal 2019. Khususnya di Kepri, Sumatera dan Kalimantan,” ungkap Toha.

Kendati begitu, potensi tersebut kurang optimal, sehingga masyarakat nelayan dan kelompok budidaya ikan banyak terkendala, imbasnya tidak bisa memproduksi hasil ikan secara maksimal.

“Khususnya, di bidang penyediaan pakan ikan, pertumbuhan ukuran ikan tidak sesuai dengan waktu panen yang seharusnya. Sementara biaya untuk pakan sangat banyak, sehingga tidak sesuai dengan hasil produksi,” paparnya.

Jika HIPO hadir untuk besinergi untuk persoalan itu, Toha menilai langkah tersebut sangat positif, karena tentunya ada solusi yang diberikan terhadap pelaku usaha budidaya ikan.

“Kita sambut baik solusi yang dihadirkan HIPO, sehingga pelaku budidaya ikan bisa menghasilkan produksi ikan dengan kuantiti yang banyak,” kata Toha.

Usai ke BPBL Batam, DPD HIPO Kepri juga mengunjungi Kelompok Budidaya Ikan (Pokdakan), di Keramba Jaring Apung (KJA), Mitra Laut, di Kampung Teluk Air, Setokok, yang diketuai oleh Mukti Baharuddin dan Wakil Ketua Nov Iwandra. (Erwin)