Kecamatan Batam Kota Luncurkan Website Informasi dan Pelayanan

oleh
Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Kota Batam Yusfa Hendri dan Camat Batam Kota Fairus Batubara meluncurkan aplikasi SIP berbasis website. (Foto: Patrolmedia/Erwin)

Patrolmedia.co.id, Batam – Terobosan baru diukir Kecamatan Batam Kota dengan meluncurkan aplikasi Sistem Informasi dan Pelayanan (SIP) berbasis website.

Layanan dalam jaringan tersebut bisa diakses melalui web barunya di Sipbata.id.

Website tersebut nantinya akan mempermudah informasi dan pelayanan yang dibutuhkan warga Batam Kota.

“Aplikasi ini kita bangun untuk mempercepat dalam memberikan informasi dan pelayanan bagi masyarakat,” kata Camat Batam Kota Muhammad Fairus R Batubara, saat peluncuran sipbata.id, di OS Hotel Batam Kota, Selasa malam (20/8/2019).

Ia mengatakan, website tersebut juga untuk memberikan kepastian kepada masyarakat terhadap informasi dan layanan yang ada. Artinya, masyarakat dengan mudah mendapat informasi yang resmi melalui Sipbata.

Menurut Fairus, kendala selama ini, masyarakat yang melakukan pengurusan terkadang harus beberapa kali datang ke kantor lurah atau ke kantor camat.

“Hal itu terjadi karena minimnya informasi yang didapat terkait syarat syaratnya. Maka, dengan adanya situs ini, warga tak perlu lagi berulang kali datang ke kantor lurah atau kantor kecamatan,” katanya.

Kendati begitu, kata Fairus, saat ini situs Sipbata.id hanya menyediakan 2 jenis layanan yakni pengurusan surat keterangan usaha dan domisili usaha.

“Saat ini baru ada 2 layanan, tapi setelah ini akan kita tambah 2 layanan lagi berupa pengurusan ahli waris dan SKCK,” terangnya.