Ini Profil Irman Yefri Adang, Politisi PAN Calon Wali Kota Solok 2020

oleh -4.518 views
Wakil Ketua DPRD Kota Solok, Irman Yefri Adang, SH, MH. (Foto: Ist)

Patrolmedia co.id, Solok – Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak yang bakal dilangsungkan pada 2020 mulai ramai diperbincangkan, tak terkecuali dalam kontestasi Pilkada di kota Solok.

Sekian waktu lalu, nama Irman Yefri Adang, Wakil Ketua DPRD Kota Solok disebut-sebut bakal maju di Pilkada Kota Solok 2020. Foto politisi Partai Amanat Nasional (PAN) Kota Solok itu, acap kali menghiasi dinding medsos terutama Facebook dan Instagram.

Terlebih, soal pantun yang diungkapnya saat menutup pandangan Umum Fraksi PAN DPRD Kota Solok pada sidang paripurna DPRD Kota Solok, Selasa (30/7/2019).

Pantun Adang, menjadi buah bibir usai sidang, malah hingga berhari-hari setelahnya. Beragam spekulasi dan isu, mengiringi pantun yang telah biasa didengar sejak SD, bahkan TK.

“Kalau ada sumur di ladang, bolehlah kita menumpang mandi, kalau ada umur panjang, boleh kita berjumpa kembali di ruangan ini”

Apa sebenarnya makna pantun Adang?

Ditemui usai sidang DPRD Kota Solok, Rabu (31/7/2019), Adang, menyatakan dirinya ingin menyampaikan 2 hal dalam pidato berujung pantun tersebut.

Pertama, salam perpisahan untuk Anggota DPRD Kota Solok masa bakti 2014-2019. Kedua, Adang menegaskan niatnya akan maju di kontestasi Pilkada Kota Solok 2020 mendatang.

Dua pernyataan itu, juga menegaskan posisi Adang di Kota Solok. Sukses menjalani 2 periode di DPRD Kota Solok 2009-2014 dan 2014-2019, dan statusnya yang tanpa beban di kontestasi Pilkada Kota Solok 2020.

Berbeda dengan calon-calon Walikota Solok lainnya, Adang tidak memiliki beban soal aturan cuti atau tidaknya dewan atau ASN saat maju di Pilkada. Sebab, dari 20 Anggota DPRD Kota Solok periode 2014-2019, Adang menjadi satu-satunya petahana yang tidak maju di Pileg 17 April 2019 lalu.

Sebanyak 17 incumbent kembali maju di kontestasi Pileg DPRD Kota Solok. Dua petahana lainnya, Daswippetra Dt Manjinjing Alam (PPP) dan Ilzan Sumarta (PKS) maju di Pileg DPRD Sumbar.