BP Batam Sosialisasikan Percepatan Kebijakan Prioritas Investasi

oleh -1.063 views

“Salah satu penyebab lambatnya pertumbuhan ekonomi, karena terhambatnya realisasi investasi dan defisit neraca perdagangan di Indonesia,” kata Sri.

BKPM perupaya memperbaiki iklim investasi guna meningkatkan investasi berkualitas di Indonesia.

BKPM telah mendapat mandat dari Presiden untuk fokus dalam perbaikan proses perizinan investasi, debottlenecking realisasi investasi yang terkendala, dan perbaikan iklim investasi.

Adapun 6 sektor prioritas investasi pemerintah Indonesia yakni Infrasuktur (Transportasi, Jalan Tol, Kawasan Ekonomi Khusus,Kawasan Industri) , Industri Manufaktur (berorientasi ekspor, substansi impor dan industri bernilai tambah) , Maritim (Perikanan), Agrikultur, Pariwisata dan Industri Gaya hidup (ekonomi kreatif dan ekonomi digital).

Staff Khusus Kementerian Perekonomian Benediktus Dwi Hari Prasetyo mengatakan, BP Batam tengah mengembangkan IBOSS (Indonesia Batam Online Single Submission) yang merupakan penyederhanaan dari OSS.

Ia menjelaskan pada 018, pemerintah mengeluarkan PP mengenai OSS yang pelaksanaannya diatur di PP Nomor 24 Tahun 2018.

PP tersebut merupakan upaya pemerintah dalam menyederhanakan perizinan berusaha dan menciptakan model pelayanan perizinan terintegrasi yang cepat dan murah, serta memberi kepastian.

“Dalam hal ini, regulasi sudah diperbaiki dalam konteks tata kelola yang lebih luas. PP 24/2018. Ini merupakan milestone positif dan komprehensif untuk menyinkronkan regulasi perizinan di Pusat dan Daerah,” kata Benediktus.

Editor: Chandra Adi Putra