Latihan Posko I Korem 083/Baladhika Jaya Resmi Dibuka

oleh -501 views
Kasrem Letkol Arm Budi Santoso membuka secaracresmi latihan posko diwilayah Korem 083/Baladhika Jaya. (Foto: Kapenrem 083/Baladhika Jaya)

Patrolmedia.co.id, Malang – Latihan posko I di wilayah jajaran Korem 083/Baladhika Jaya, secara resmi dibuka.

Sesuai dengan temanya, “Kodim 0825/Banyuwangi Siap Membantu Pemda Dalam Menangani Bencana Alam wilayah” ini, yang berlangsung di Banyuwangi, Jawa Timur mulai Selasa, 7 hingga 9 Mei 2019.

Latihan posko diperuntukkan membantu Pemerintah Daerah dalam penanganan bencana alam yang tengah berlangsung di Banyuwangi, Jawa Timur sejak Selasa, 7 hingga 9 Mei 2019.

Kepala Staf Korem (Kasrem) Letkol Arm Budi Santoso menilai latihan posko tersebut mampu meningkatkan kemampuan Komandan Satuan, khususnya Kodim Banyuwangi.

“Latihan ini bertujuan untuk merencanakan operasi, hingga penyelenggaraan kodal operasi, dan implementasi prosedur tata kerja yang berlaku di suatu pos Komando,” Budi.

Ia mengatakan latihan posko juga untuk mendukung Operasi Militer Selain Perang (OMSP), manakala satuan jajaran terlibat dalam penanganan bencana alam.

“Skenario yang kita buat berdasarkan kondisi wilayah, seperti halnya Kabupaten Banyuwangi bagian Selatan,” katanya.

Memurutnya Banyuwangi merupakan wilayah selatan yang berhadapan langsung dengan Samudera Hindia. Sehingga dinilai rawan terjadinya tsunami.

“Maka skenario yang kita buat adalah, bagaimana upaya kita dalam menghadapi bencana tsunami, dengan latihan ini, mereka akan mengetahui dan mendapatkan pembelajaran terkait bagaimana melakukan koordinasi dengan unsur-unsur di wilayah,” katanya.

Budi berharap latihan posko I mampu mewujudkan profesionalisme TNI dalam bertugas membantu Pemerintah Daerah khususnya penanganan bencana.

“Upaya itu mampu memenuhi tuntutan tugas pokok yang ditentukan oleh Komando atas,” tegasnya.

Editor: Adi
Sumber: Kapenrem 083/Baladhika Jaya