Memasuki New Normal, Sumbar Siapkan Skenario Layanan Publik Tetap Optimal

oleh
Wakil Wali Kota Solok Reinier mengikuti Vucon bersama Gubernur Sumbar. (Foto: Ist)

Patrolmedia.co.id, Solok – Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Irwan Prayitno mengatakan pihaknya tengah menyiapkan skenario pelayanan publik agar berjalan optimal di era hidup normal baru atau New Normal.

“Para kepala OPD harus mengatur sistem kerja yang akuntabel dan selektif,” kata Irwan saat Video Conference (Vicon) persiapan seluruh kabupaten dan kota jelang memasuki new normal, Rabu (3/6/2020).

Ia menyebut bentuk skenario pelaksanaan kerja instansi pemerintahan di era new normal harus menyederhanakan alur pelayanan, proses bisnis dan SOP pelayanan dengan memanfaatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi.

Pelayanan publik di Sumbar nantinya tetap mengikuti protokol kesehatan dengan menyediakan media informasi, memperhatikan jarak aman, menyiapkan tempat cuci tangan, menata ruang kantor agar jangan berdekatan dan menggunakan masker.

“Untuk pegawai yang boleh Work From Home (WFH) dilihat berdasarkan faktor usia, faktor penyakit, kompetensi pegawai, serta riwayat perjalanan dari luar daerah/luar negeri,” kata Irwan.

Wakil Wali Kota Solok Reinier mengatakan pihaknya telah melakukan kontrol di jajarannya.

Pemko Solok juga telah memberikan penjelasan ke warga mengenai new normal yang harus dilakukan dengan jelas dan dapat dipahami.

“Masyarakat kita harus paham, jangan sampai masyarakat tidak mengerti apa itu new normal,” kata Renier saat Vicon bersama Gubernur Sumbar.

Penulis: Niko Irawan
Editor: M. Ichsan