Seleksi 1.000 Hafidz Kota Solok Resmi Dibuka, Peserta Capai 1.118 Orang

oleh -928 views

“Bulan sabit telah hadir di Kota Solok, tinggal menunggu datangnya bulan purnama,” ucapnya.

Kabag Kesra Setda Kota Solok Heppy Dharmawan mengatakan selain sebagai syi’ar Islam, program Hafidz ini bentuk upaya pemerintah dalam memperkuat karakter dan identitas Solok di bidang membaca dan menghafal Qur’an.

Selanjutnya, sebagai media untuk meningkatkan motivasi warga kota Solok, terutama generasi muda akan menghafal Al-Qur’an mulai dari 1 juz sampai 30 juz.

“Untuk menumbuhkan semangat kompetitif yang sehat diantara para hafidz dan hafidzah untuk lolos seleksi menuju wisuda, kita mulai pada Desember mendatang,” tutupnya.

Adapun peserta yang mendaftar dengan umur tertua berusia 68 tahun dan termuda berusia 6 Tahun.

Peserta berasal dari SD Negeri se-Kota Solok, MIN Kota Solok, SMP 1 Kota Solok, SMA 1 Kota Solok, MTsN Kota Solok, MAN Kota Solok, SD IT Iqra, SD IT Golden, SD IT As-Sa’diyah, SMP IT AR-Risalah, SMP AL Madinah, MTs Muhammadiyah Al Mumtaz, SMP IT Iqra’, SMP IT Rois.

Selanjutnya, SMP Fathih Ar-Rasyid, SMP ICBS, Ponpes Waratsatul Anbiya’, Ponpes Serambi Mekkah, Ponpes Darul Ilmi Singkarak, SMA Al Mumtaz, SMA IT ICBS, UIN Imam Bonjol Padang, UNP, serta dari umum.

Untuk Dewan Hakim atau penguji berasal dari tingkat provinsi sebanyak 2 orang, sedangkan dari luar kota sebanyak 5 orang.

Peserta yang lolos seleksi berkesempatan mengikuti prosesi Wisuda 1.000 Hafidz Kota Solok.

Peserta akan mendapat uang tunai disesuaikan dengan jumlah hafalan, dan mendapatkan Kartu Identitas Penghafal Alqur’an atau kartu HAFALAH (Hafidz Alqur’an Serambi Madinah). Kartu itu khusus berfungsi mendapat diskon belanja di minimarket, restoran, toko buku dan lainnya.

Penulis: Niko Irawan
Editor: Erwin Syahril