Seleksi 1.000 Hafidz Kota Solok Resmi Dibuka, Peserta Capai 1.118 Orang

oleh
Sebanyak 1.118 peserta Hafidz dan Hafidzah mengikuti program seleksi 1.000 hafidz Kota Solok. (Foto: Ist)

Patrolmedia.co.id, Solok – Program Seleksi 1.000 Hafidz di Kota Solok resmi dibuka di Masjid Agung Al Muhsinin Kota Solok.

Kegiatan dalam rangka menciptakan generasi penghafal Al Qur’an ini dimulai pada Senin, tanggal 18 hingga Kamis, 21 November 2019.

Tercatat jumlah peserta mencapai 1.118 Hafidz dan Hafidzah mengikuti seleksi tersebut. Sampai saat ini pendaftaran masih terus dibuka dan diperkirakan jumlah peserta tembus 1.200 orang.

Wakil Wali Kota Solok Reinier mengatakan
program yang digagas Pemko Solok ini guna mewujudkan jargon Kota Solok sebagai Kota Beras Serambi Madinah.

Seleksi tersebut tak sekedar seleksi belaka, namun sebuah keinginan Pemko Solok dalam memberikan penghargaan ke seluruh kepala pondok, madrasah, dan MDTA yang telah membina para pelajar selama ini, sehingga menjadi Hafidz dan Hafidzah.

“Kita berharap ini jadi suatu penambah motivasi bagi kita semua, tidak hanya anak-anak, namun juga pembimbing dan orang tua,” kata Reinier, saat membuka program seleksi 1.000 Hafidz Solok.

Menurutnya seleksi itu merupakan dasar bagi anak-anak agar lebih fasih menghafal Alqur’an, sehingga menjadi generasi penerus yang diharapkan kelak nanti.

“Salah satu fungsinya untuk menyambung amanah bagi kita semua dalam menyiapkan generasi muda menjadi generasi beriman dan berakhlak dan siap menjadi pengganti kita kedepannya,” kata Reinier.

Kakan Kemenag Kota Solok Alizar mengapresiasi Pemko Solok yang telah mengangkat ajang bermakna tersebut.

Alizar mengatakan Pemko telah proaktif melaksanakan kegiatan itu. Ia dari Kemenag merasa terbantu. Dengan gelaran ini, Solok Kota Beras Serambi Madinah akan semakin nyata terwujud.