Walikota Solok-Walikota Toyohashi Jepang Tandatangani MoU Air Bersih

oleh
Wali Kota Solok Zul Elfian dan WaliKota Toyohashi Jepang Koichi Sahara menandatangani MoU tahap kedua tentang peningkatan layanan penyediaan air bersih di Kota Solok. (Foto: Ist)

Patrolmedia.co.id, Solok – Wali Kota Solok Zul Elfian dan WaliKota Toyohashi Jepang Koichi Sahara menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) tahap kedua tentang peningkatan layanan penyediaan air bersih di Kota Solok.

“Penandatanganan MoU ini hal sangat berharga bagi Solok dan sangat pantas untuk kami syukuri,” kata Zul Elfian, usai MoU di Lobby Lantai II Balaikota Solok, Selasa (20/8/2019).

Pada tahap pertama, lanjutnya, Pemko telah melaksanakan kerja fisik, walikota Toyohashi dengan tim teknisnya telah memberikan bimbingan di Solok, sehingga tenaga teknis kita di Kota Solok telah memiliki sertifikasi internasional dalam mengelola air bersih ini.

“Sekarang masyarakat Kota Solok telah merasakan manfaat air bersih. Oleh karena itu sudah jarang masyarakat menyampaikan keluhan. Kedepannya, peningkatan kapasitas air bersih sama sampai ke rumah sangat diperlukan, karena perumahan yang meningkat di Kota Solok membuat permintaan air bersih makin meningkat,” kata Zul.

Tim teknis Pemko Toyohashi juga telah meninjau IPAL di kecamatan KTK Solok dan meminum air olahan sungai Batang Lembang. Menurutnya, hal itu sebagai bukti keberhasilan kerjasama yang telah lakukan selama ini.

“Kedepan kita tentu mengharapkan air olahan Sungai Batang Lembang sudah bisa menjadi air bersih siap minum,” ujar wako.

Disamping itu Zul menyebut kehadiran rombongan Walikota Toyohashi Jepang telah berhasil menambah semangat, inspirasi dan motivasi serta memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat Kota Solok, terutama dalam bidang air bersih.

“Toyohashi adalah salah satu kota besar di jepang dengan prestasi yang mengagumkan,” katanys.

Zul Elfian juga mengucapkan terimakasih atas keberhasilan kerjasama tahap pertama. Ia juga mngapresiasi kepada JICA yang telah memfasilitasi kelanjutan kerjasama tahap kedua tersebut.