Jalan di Kecamatan Bendungan Sudah Mulus, Pedagang Desa Ngares Banjir Rejeki

oleh -608 views
Puryono, warga Desa Ngares, kini tak lagi mengeluhkan jalan di kecamatan Bendungan. Sebab, jalan penghubung atau jembatan telah di bangun melalui program TMMD ke 105. (Foto: Ist)

Patrolmedia.co.id, Trenggalek – Berbagai manfaat mulai dirasakan oleh masyarakat dan para pedagang di Kecamatan Bendungan, Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur.

Daerah itu merupakan salah satu lokasi sasaran pelaksanaan program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-105 di Jawa Timur.

Puryono (55), salah satu warga Desa Ngares mengakui, sebelum adanya pembangunan di wilayah itu, dirinya mengeluhkan sulitnya akses menuju ke Desa lain, seakan menjadi faktor utama penghambat perekonomian masyarakat.

“Terutama kalau mau menuju ke Desa Sumurup. Susahnya minta ampun pak,” ungkap Puryono, Sabtu, (10/8/2019).

Kendati begitu, kata Puryono, warga tak perlu lagi bersusah payah lagi ketika hendak menuju ke Desa tersebut.

Sebab, dengan telah dibangunnya jembatan hingga rabat jalan oleh Satgas TMMD, otomatis menghapus keluhan masyarakat dan pedagang.

“Sekarang jalannya sudah enak. Apalagi ada jembatan penghubung. Kami tidak perlu memutar lagi untuk menjajakan dagangan ke Desa itu,” pungkasnya.

Kepala Penerangan Kodam V/Brawijaya, Letkol Arm Imam Haryadi menuturkan program TMMD sangat efektif menanggulangi berbagai keluhan masyarakat, terlebih pembangunan sarana dan prasana di daerah terisolir.

Ia menilai, keberadaan program non fisik yang dikemas di dalam kegiatan TMMD, sangat mampu meningkatkan SDM warga di daerah terpencil.

“Jadi, bukan cuma pembangunan fisik saja. Satgas TMMD juga fokus meningkatkan SDM warga di lokasi TMMD. Misalnya, dengan adanya penyuluhan-penyuluhan maupun pembekalan mengenai hukum, kesehatan, hingga pendidikan,” bebernya.

Editor: Alex
Sumber: Pendam V Brawijaya