Ratusan Ribu Ekor Baby Lobster Selundupan Digagalkan TNI AL, Nilainya 37,2 Miliar

oleh -2.116 views
Danlantamal IV Laksamana Pertama TNI Arsyad Abdullah menunjukkan barang bukti 245.102 baby lobster yang berhasil diselamatkan. (Foto: Penlantamal IV)

Patrolmedia.co.id, Batam – Tim gabungan F1QR Koarmada I terdiri dari Den Intel Koarmada I, Guskamla Koarmada I, Lantamal IV dan Lanal Batam, berhasil menggagalkan penyelundupan ratusan ribu Baby Lobster Senilai 37,2 Miliar di Perairan Sugi Batam pada Selasa (12/3/2019).

Jumlah baby lobster yang hendak diselundupkan dari Batam ke Singapura, sebanyak 245.102 ekor dengan total yang diselamatkan sebesar Rp 37.248.500.000.

Komandan Lantamal IV (Danlantamal IV) Laksamana Pertama TNI Arsyad Abdullah mengatakan baby lobster diangkut menggunakan speedboat.

“Saat speedboat ditangkap, ditemukan sebanyak 44 kotak stereofoam coolbox,” kata Arsyad saat Ekspos di Dermaga Lanal Batam, Rabu (13/3/2019).

Kronologinya, lanjut Arsyad, pengungkapan atas info yang didapat Tim F1QR yang menyebutkan adanya penyelundupan baby lobster dari Batam ke Singapura menggunakan speed boat.

“Tim bergerak memburu dan menyekat speedboat pembawa baby lobster yang melaju kencang di Perairan Sugi Batam mengarah ke Singapura,” kata Arsyad.

Lanjutnya, dua speedboat Tim F1QR dikerahkan untuk mengejar speedboat pengangkut baby lobster dari Perairan Sugi sampai di Perairan Teluk Bakau.

Saat pengejaran Tim F1QR melihat 2 speedboat sepanjang 16 m dalam kecepatan tinggi. Salah satu dari speedboat terdesak karena kalah cepat.

Baca juga: 

Lantamal IV Tangkap Kapal Tanker Bermuatan 1.497,8 Ton Solar Berbendera Malaysia

Lantamal IV Tangkap 2 Kapal Bermuatan Tonan Kayu Ilegal di Sagulung Batam

Sempat Kabur, Lantamal IV Kejar dan Tangkap Kapal Ikan Berbendera Taiwan