PLN Batam: Gas Turbin PLTGU Tanjunguncang Kembali Dioperasikan

oleh
Pembangkit listrik gas turbin PLTGU Tanjunguncang milik PLN Batam yang sempat mengalami kerusakan dalam waktu yang lama, akhirnya dioperasikan kembali. (Foto: Ist)

Patrolmedia.co.id, Batam – Pembangkit listrik gas turbin PLTGU Tanjunguncang milik PLN Batam kembali dioperasikan.

Sebelumnya, salah satu 2 Gas Turbin PLTGU Tanjung Uncang berkapasitas 120 MW itu, mengalami kerusakan pada September 2018.

“Alhamdulillah tanggal 4 Oktober kemarin, sekitar pukul 18.25 pembangkit Gas Turbin tersebut kembali beroperasi,” kata Corporate Secretary bright PLN Batam, Denny Hendri Wijaya, Jumat (4/102019).

Ia mengatakan, pengoperasian gas turbin memakan waktu lama. Setelah melalui proses pengadaan dan pemesanan, akhirnya pada minggu kedua September 2019, dilakukan pemasangan.

Sementara salah satu Gas Turbin PLTGU IPP DEB Panaran 80 MW yang juga mengalami kerusakan sejak Juli 2019, saat ini tengah dalam proses pemasangan Power Turbin dan Gas Generator yang dimulai pada 4 Oktober.

“2 gas turbin ini kita datangkan dari Mexico dan Kanada,” katanya.

Denny menyebut ditargetkan paling lambat 5 hari kedepan, Selasa 8 Oktober, gas turbin sudah dapat dioperasikan kembali. Kendati begitu, PLN Batam dan PT DEB akan berupaya mengoperasikannya semaksimal mungkin, lebih cepat.