Ibu-ibu Jalasenastri Ini Buka Pelatihan Kerajinan Membatik Ecoprint

oleh -843 views
Ibu-ibu Jalasenastri atau Istri-istri Angkatan Laut di Lantamal IV berkarya membuat kerajinan membatik dengan teknik ecoprint. (Foto: Penlantamal IV)

Patrolmedia.co.id, Tanjungpinang – Ibu-ibu Koordinator Cabang IV Daerah Jalasenastri Armada I (DJA I) di Tanjungpinang, membuka pelatihan kerajinan membatik dengan teknik ecoprint advance.

Ketua Korcab IV DJA I, Musyarrafah Ridwan Arsyad Abdullah menjelaskan, Ecoprint merupakan salah satu teknik untuk membuat motif batik pada kain.

Dengan teknik yang terbilang cukup unik, yakni mereplika tumbuhan daun ke dalam kain, Ecoprint dapat menghasilkan karya batik yang memiliki nilai seni artistik.

Teknik ecoprint sendiri mulai menjadi tren sejak 2 tahun terakhir.

“Teknik ini terbilang unik dan mudah karena memanfaatkan bahan-bahan alami dari tumbuhan disekitar kita seperti bunga, daun, batang dan lainnya dijadikan sebagai sumber pola,” ujar Musyarrafah, saat memberikan pelatihan ecoprint advance bersama ibu-ibu Jalasenastri di Aula Mako Lantamal IV Tanjungpinang, Jumat (22/3/2019).

Musyarrafah menerangkan beberapa teknik yang dipakai untuk menghasilkan motif ecoprint yang indah yakni seperti pounding (dipukuli) dan steaming (dikukus).

Untuk pounding daun yang telah dikumpulkan, kemudian dipukul dengan palu kayu diatas lembaran kain putih untum menghasilkan corak dan menimbulkan warna yang alami.

“Tahap berikutnya itu, kain akan di steaming di dalam panci beberapa jam lalu direndam dengan air tawas agar warna daun tidak luntur saat di cuci,” terangnya.

Pelatihan ecoprint advance, kata Musyarrafah, untuk memperkaya ilmu pengetahuan dalam bidang kerajinan membatim ecoprint.

“Momen ini sekaligus kita jadikan ajang silaturahmi bagi ibu-ibu Jalasenastri, Kowal dan PNS di lingkungan Lantamal IV,” tutur Istri Danlantamal IV itu. (Niko)