Lantamal IV Bersih-bersih Pantai di Hari Dharma Samudera

oleh -576 views
Jajaran Lantamal IV bersama stake holder di Tanjungpinang menggelar bersih-bersih pantai di hari Dharma Samudera, Senin 14 Januari 2019. (Foto: Penlantamal IV)

Patrolmedia.co.id, Tanjungpinang – Memperingati hari Dharma Samudera tahun 2019, Lantamal IV Tanjungpinang membersihkan area pantai mulai dari pantai Taman Bahari di Mako Lantamal IV hingga pinggiran pantai Teluk Keriting Tanjungpinang.

“Bersih-bersih pantai ini untuk mengenang peristiwa pertempuran hebat yang terjadi di laut Arafuru pada 15 Januari 1962 silam,” ujar Danlantamal IV Laksamana Pertama TNI R. Eko Suyatno, usai mengikuti giat bersih pantai, Senin (14/1/2019).

Eko mengatakan, bersih-bersih sampah sudah menjadi agenda rutin di jajaran Lantamal IV Tanjungpinang. Namun, pihaknya perlu menggandeng semua elemen seperti masyarakat, jajaran TNI AL, TNI AD, TNI AU, Kepolisian, Pemerintah Kota (Pemko) Tanjungpinang dan Ormas, agar Tanjungpinang bersih dari kotoran sampah.

“Sampah laut masih jadi masalah yang harus diperangi. Khususnya di Tanjungpinang di musim tertentu, seperti musim angin utara saat ini, kondisi pasang-surut menjadikan sampah terperangkap memenuhi kawasan pesisir,” kata Eko.

Sekda Kota Tanjungpinang Riono menyebut apa yang dilakukan Lantamal IV juga sejalan dengan tujuan Pemko Tanjungpinang dalam memerangi sampah khususnya sampah laut.

“Bahkan Pemko Tanjungpinang berupaya merubah mindset masyarakat agar tidak membuang sampah di laut,” sebutnya.

Tahun 2018, kata Riono, Tanjungpinang kembali memperoleh piala Adipura. Untuk itu, semangat kegiatan yang dilaksanakan Lantamal IV sejalan dengan upayakan pemerintah dalam penerimaan Adipura.

“Untuk meraih adipura ini persyaratannya dari tahun ke tahun bertambah,” katanya.

Kegiatan tersebut dihadiri Wadan Lantamal IV, Para Asisten Danlantamal IV, Kepala Dinas dan Kepala Satuan Kerja serta Komandan di Lantamal IV.

Diikuti personel TNI Angkatan Laut yang terdiri dari Lantamal IV, Rumkital Dr. Midiyato Suratani, Fasharkan Mentigi, Wing Udara 2 dan Lanudal TPI, serta Ibu-Ibu Jalasenastri Korcab IV Daerah Jalasenastri Armada I.

Ikut juga, Korem 033/WP, Lanud RHF, Polres Tanjungpinang, Pemerintah Daerah dan Kota Tanjungpinang, KSOP Tanjungpinang, Satpol PP Tanjungpinang serta beberapa organisasi kemasyarakatan.

 

Sumber: Penlantamal IV
Editor: Chandra Adi Putra