Sertijab, Kolonel Laut Iwan Setiawan Jabat Danlanal Batam

oleh -1.297 views
Danlantamal IV Laksma TNI R Eko Suyatno pimpin Sertijab Danlanal Batam di Mako Lantamal IV, Tanjungpinang. (Foto:Ist)

Patrolmedia.co.id, Tanjungpinang – Prosesi Serah Terima Jabatan (Sertijab) Komandan Pangkalan Angkatan Laut (Danlanal) Batam Kolonel Laut (P) Ivong Wicaksono Wibowo yang digantikan oleh Kolonel Laut (E) Iwan Setiawan, berlangsung khidmat.

Upacara militer itu dipimpin langsung oleh Komandan Pangkalan Utama Angkatan Laut (Danlantamal) IV Laksamana Pertama TNI R. Eko Suyatno di Lapangan Apel Markas Komando (Mako) Lantamal IV, Tanjungpinang pada Sabtu (16/12/2017) kemarin.

“Lanal Batam selaku satuan pelaksana pendukung Lantamal IV, punya tugas pokok menyelenggarakan dukungan logistik dan sarana labuh bagi satuan operasional TNI AL, beroperasi di wilayah kerja Lanal Batam,” kata Danlantamal Eko.

Disamping itu, lanjutnya, Lanal berfungsi membina potensi nasional menjadi kekuatan pertahanan di bidang maritim dan melaksanakan kebijakan pemimpin TNI AL. Fungsi keamana laut Lanal Batam, mengemban tugas dan tanggung jawab menjaga, menciptakan stabilitas keamanan di perairan kawasan barat.

“Tugas itu khususnya di Selat Singapura, untuk mencegah berbagai gangguan keamanan dan pelanggaran hukum di laut,” katanya.

Dikatakan juga, Lanal Batam dari waktu ke waktu mampu mengemban tugas sesuai tuntutan yang berkembang. Walaupun dihadapkan kepada keterbatasan sumber daya, sarana dan prasarana serta Sumber Daya Manusia (SDA), Lanal Batam tetap tampil prima memenuhi komitmen Lantamal IV dan TNI AL.

“Apa yang telah dicapai jajaran Lanal Batam tak lepas dari hasil proses pembinaan pemimpinnya dari generasi ke generasi,” tutur Eko.

Seperti diketahui, sebelum menjabat Danlanal Batam, Kolonel Laut (E) Iwan Setiawan menjabat Asintel Danlantamal IV. Sedangkan Kolonel Laut (P) Ivong Wicaksono Wibowo selanjutnya akan bertugas sebagai Kasubdispam Dispamal.

Prosesi sertijab dihadiri Komandan Guskamlamabar Laksamana Pertama TNI Bambang Irawanto, para Asisten Danlantamal IV, Komandan Satuan TNI/Polri wilayah Batam dan Tanjungpinang, Kafasharkan Mentigi para Danlanal jajaran Lantamal IV dan Pejabat Maritim dan Instansi samping Kota Batam. (Erwin)