Hari Mendongeng Nasional, BPJS TK Kenalkan Jaminan Sosial ke Anak-anak SD

oleh -705 views
Sebanyak 100 peserta yang terdiri dari berbagai anak-anak SD, ikuti kegiatan mendongeng yang diselenggarakan BPJS Ketenagakerjaan, di Kepri Mall, Batam. (Ist)

Patrolmedia.co.id, Batam – Dalam serangkaian menyambut HUT ke-40 tahun, BPJS Ketenagakerjaan menggelar kegiatan mendongeng bersama dengan anak-anak Sekolah Dasar (SD), bermain dan belajar bersama yang dilangsungkan di Atrium Kepri Mall, Selasa (28/11/2017).

Kegiatan tersebut dalam rangka memperingati Hari Mendongeng Nasional, di 3 kota berbeda yakni Batam, Lombok, dan Makassar yang dilaksanakan secara serentak, Selasa (28/11/2017).

Sebanyak 100 siswa dari 10 Sekolah Dasar di masing-masing kota ini juga dimaksudkan untuk mengedukasi anak-anak untuk memahami arti Jaminan Sosial sejak usia dini. Dengan harapan nantinya generasi muda Indonesia ini dapat tumbuh menjadi pekerja atau pengusaha yang memahami benar pentingnya jaminan sosial dalam kehidupan sehari-hari. Di Kota Batam, kegiatan mendongeng ini berlangsung di Kepri Mall.

Kegiatan mendongeng ini pada awalnya diinisiasi di Jakarta pada (23/7/2017) lalu, bertepatan dengan Hari Anak Nasional. Dalam kegiatan ini diserahkan pula buku pelengkap kurikulum untuk siswa yang hadir.

Direktur Keuangan BPJS Ketenagakerjaan, Evi Afiatin, menjelaskan pentingnya bagi masyarakat untuk mengetahui sejak dini mengenai manfaat jaminan sosial, khususnya Ketenagakerjaan.

“Jaminan Sosial sangat penting untuk diketahui oleh anak-anak sejak dini, sehingga mereka akan memiliki pengetahuan tentang jaminan sosial saat tumbuh dewasa, baik sebagai pekerja ataupun pengusaha,” kata Evi.

“Kami akan terus mengembangkan acara-acara seperti ini, dan terus berusaha untuk menyalurkan informasi Jaminan Sosial kepada seluruh lapisan masyarakat, agar kesadaran berjaminan sosial semakin tinggi,” tambahnya.

Baca juga: Untuk Pewarta, BPJS Ketenagakerjaan Menggelar Lomba Karya Tulis Jurnalistik Award

Selain itu, lanjutnya, tujuan kegiatan ini untuk bergembira bersama anak Indonesia yang merupakan salah satu rangkaian kegiatan dalam memperingati Hari Ulang Tahun BPJS Ketenagakerjaan yang ke 40. Selain buku, BPJS Ketenagakerjaan juga memuat beberapa video edukasi mengenai Jaminan Sosial untuk siswa sekolah yang bisa langsung ditonton di channel youtube resmi BPJS Ketenagakerjaan.

“Kami harap semangat anak-anak dalam belajar dapat membuahkan hasil yang positif dan berguna bagi kemajuan bangsa dan negara,” pungkas Evi.

Acara yang bertemakan BPJS Ketenagakerjaan Mendongeng ini kemudian ditutup dengan penyematan PIN Duta Cilik BPJS Ketenagakerjaan kepada peserta secara simbolis.

Kadisnaker Batam, Kadis Pendidikan Batam, Deputi Direktur Bidang Keuangan BPJS Ketenagakerjaan Pusat, Deputi Direktur Wilayah Sumbarriau, Kakacab BPJS Ketenagakerjaan Batam Nagoya, Kakacab BPJS Ketenagakerjaan Batam Sekupang dan stake holder terkait menyaksikan kegiatan mendongeng. (Ist)

Selain itu, pada kegiatan Mendongeng juga dihadiri Kadisnaker Batam, Kadis Pendidikan Batam, Deputi Direktur Bidang Keuangan BPJS Ketenagakerjaan Pusat, Deputi Direktur Wilayah Sumbarriau, Kakacab BPJS Ketenagakerjaan Batam Nagoya, Kakacab BPJS Ketenagakerjaan Batam Sekupang dan stake holder terkait.

Sedangkan untuk peserta Stand diikuti oleh BPJS Ketenaga sepertikerjssn, Satlantas Polresta Barelang, Pos Indonesia, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Pemadam Kebakaran, dan RS Awal Bros.

Peserta dongeng terdiri dari SDN 001 Batam , SDN 002 Batu Ampar, SD Al Kaffah Legenda, SD Al Wafa, SD Yos Sudarso, dan peserta dari sekolah lainnya.

Ditambahkan, selain dari serangkaian kegiatan mendongeng, dalam rangka menyambut HUT BPJS Ketanagakerjaan ke-40 yang akan jatuh pada tanggal 5 Desember 2017 mendatang, BPJS Ketenagakerjaan juga menggelar pelatihan Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) di Kota Batam. Kegiatan tersebut merupakan satu bentuk program Tanggung Jawab Sosial & Lingkungan (TJSL).

Pelatihan K3 tersebut di ikuti oleh 122 orang yang terdiri dari perwakilan perusahaan di lingkungan Kantor BPJS Ketenagakerjaan Batam Nagoya.

Pelatihan berlangsung di Hotel Harmoni One, dan di buka langsung Direktur Keuangan BPJS Ketenagakerjaan, Evi Aviatin di dampingi oleh Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Batam, Rudi Sakyakirti.

“Kami berharap kegiatan K3 ini dapat lebih meningkatkan kesadaran pekerja dan perusahaan terhadap penerapan K3 di tempat kerja” singkat Rudi. (Erwin)