Wawako Beri Penghargaan Kepada 3 Siswa SMPN 1 Solok yang Berprestasi di Olimpiade

oleh -776 views
Ketiga siswa SMP N 1 Solok berfoto bersama dengan Wawako Solok. (Foto: Ist)

Patrolmedia.co.id, Solok – Wakil Walikota Solok Reinier memberikan penghargaan kepada 3 siswa SMP N 1 Solok yang meraih prestasi di Ajang Olimpiade 2018. Reward tersebut diberikan di Rumah Dinas Wawako Solok, saat menjamu ketiga siswa berprestasi, Kamis (19/7/2018).

Zepri Ramadhan dengan pembimbing Neni Amir S.Pd mendapat medali perunggu pada Olimpiade Sains Nasional (OSN) SMP tingkat nasional tahun 2018 bidang IPS yang diadakan di Kota Padang.

Selanjutnya, dalam ajang Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia (OPSI) 2018 Direktorat Pembinaan SMP,  M Rafky Alfattah (Ketua Peneliti) dan Akbar Ibnu Yatsir (Anggota Peneliti) bersama guru pembimbing Shinta Antar Kasuma,S.Pd (Guru IPA SMPN 1 Kota Solok) berhasil lolos ke tingkat nasional mewakili Sumatera Barat (Sumbar)

Judul penelitian yang dilakukan ialah ‘Penggunaan Buah Pare (Momordicha Charantia L) Pengganti Carbon Dalam Baterai Untuk Menghasilkan Energi Listrik. Kegiatan itu berawal dari adanya pelatihan awal OPSI 2018 se Kota Solok pada Bulan April 2018 di SMPN 5 Solok, dengan dosen pelatih Dr. Rahadian dari jurusan kimia Universitas Negeri Padang.

Sebelumnya, M.Rafky putra dari pasangan Afrijon dan Afriyenti ini, pernah meraih prestasi Harapan III Lomba Spensic  Sumbar, sedangkan Akbar putra dari pasangan Wido Yatsir dan Yulfirstra Mayorita Eka Sastra juga pernah berprestasi pada OSN Tingkat SD Bidang IPA, Tahun 2015.

Wawako Solok, Reinier didampingi Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) menyebutkan, ketiga siswa berprestasi ini harus menjadi pelecut semangat bagi siswa lainnya, agar dapat berprestasi juga nantinya.

“Tentu kita bangga memiliki siswa berprestasi ini, dan kita akan lebih bangga jika 3 siswa ini dapat menggerakkan siswa-siswa lain untuk memulai melakukan hal yang sama,” katanya.

Renier juga mengingatkan kepada Kadisdik Solok untuk senantiasa memperhatikan dan memfasilitasi setiap siswa berprestasi yang mengikuti lomba, karena meraka cikal bakal mengharumkan nama Solok di tingkat Provinsi maupun Nasional.

“Potensi para siswa harus dikembangkan secara baik, selain membuat bangga siswa dan orang tua siswa, tetapi juga bisa membanggakan para guru, sekolah dan Kota Solok pada umumnya,” tutup Reinier.

Reinier mengalungkan medali kepada Zepri Ramadhan, dan memberikan reward kepada Zepri Ramadhan, M.Rafky. Alfattah serta Akbar Ibnu Yatsir.

Wawako melepas Tim OPSI yang akan berjuang ditingkat nasional di Surabaya untuk tanggal 22 sampai 26 Juli 2018 di Hotel Surabaya Suites.

Penulis: Niko Irawan
Editor: Chandra Adi Putra