Koarmada I Beri Pemahaman Bela Negara Kepada Siswa Baru di SMAN 1 Bintan

oleh -982 views
Komandan KRI Surik-645 Mayor Laut (P) Thomas A. Dhamang memberikan pemahaman terhadap para siswa baru tentang pentingnya wawasan bela negara dan bahaya narkoba. (Foto: Dispenlantamal IV)

Patrolmedia.co.id, Bintan – Satuan Kapal Cepat (Satkat) Komando Armada I (Koarmada I) sosialisasi Bela Negara kepada siswa baru di SMA Negeri 1 Bintan Utara, Senin (16/72018). Untuk mengisi Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS), para siswa baru diberi pemahaman tentang wawasan Kebangsaan dan Bela Negara guna menciptakan rasa nasionalisme.

​Komandan Satkat Koarmada I Kolonel Laut (P) Sirilus Arif Susbintoro di wakili Mayor Laut (P) Thomas A. Dhamang mengatakan, semangat Bela Negara penting dilakukan oleh semua komponen bangsa termasuk pelajar.

Jika sudah menanamkan Bela Negara akan menumbuhkan karakter cinta tanah air, patriotisme, dan nasionalisme yang tinggi,” kata Thomas yang juga menjabat sebagai Komandan KRI Surik-645.

Menurutnya, sebagai seorang siswa, semangat bela negara diwujudkan dengan mengenal dan memahami wilayah nusantara dengan baik. Kemudian mencintai dan melestarikan kebudayaan lokal maupun nasional, serta menjaga nama baik bangsa Indonesia.

Thomas mengatakan, sebagai generasi penerus bangsa, para siswa harus menghindarkan narkoba, perkelahian antar siswa, pergaulan bebas, penyalahgunaan medsos, hoax dan SARA.

“Hindari SARA yang bisa memicu adu domba antar umat beragama, akibatnya mengancam persatuan dan kesatuan bangsa, apalagi mengarah pada aksi anarkis hate speech dan terorisme,” tuturnya.

Sosialisasi ini disambut antusias para siswa. Hal tersebut terbukti dengan adanya interaksi melalui banyaknya pertanyaan dari para siswa.

Sumber: Dispenlantamal IV
Editor: Chandra Adi Putra