40 Menit Mengajar, BPJS TK Kenalkan Mahasiswa UIB Manfaat Jaminan Sosial

oleh -1.440 views
Deputi Direktur Bidang Pelayanan dan Pengembangan Kanal BPJS Ketenagakerjaan, Yasaruddin memaparkan manfaat 4 program BPJS Ketenagakerjaan JKK, JKM, JHT dan JP kepada ratusan mahasiswa UIB. (PM Foto:Erwin Syahril)

Patrolmedia.co.id, Batam – Ratusan mahasiswa dan mahasiswi Universitas International Batam (UIB), mendapat pengenalan dan edukasi dalam program “40 Menit Mengajar”, tentang pentingnya manfaat program BPJS Ketenagakerjaan sejak dini. Acara itu dilangsungkan di Aula B Lantai 1, Kampus UIB, Kamis (14/12/2017).

Pengenalan program Jaminan Sosial tersebut merupakan serangkaian salah satu agenda dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) BPJS Ketenagakerjaan ke-40 tahun, jatuh pada tanggal 5 Desember 2017 lalu. Kegiatan serupa juga digelar di 49 perguruan tinggi di Indonesia.

Wakil Rektor II UIB, Dr. Teddy Jurnali menyambut kedatangan managemen BPJS Ketenagakerjaan yang sudah bersedia memberikan edukasi dan sosialisasi secara rinci kepada para mahasiswa UIB selama 40 menit mengajar.

“Suatu kebanggaan bagi kami dengan kedatangan BPJS Ketenagakerjaan. Apalagi kita kedatangan dari BPJS Ketenagakerjaan pusat ya,” katanya.

Teddy mengapresiasi kegiatan tersebut, para mahasiswa secara rinci mendapat pemahaman mulai dari edukasi pada sektor Penerima Upah (PU) maupun Bukan Penerima Upah (BPU).

“Bayangkan saja jika pekerja tak dilindungi BPJS Ketenagakerjaan, siapa yang menanggung resiko kecelakaan pada mereka. Dan sebaliknya, pekerja bahkan dapat JHT dan Jaminan Pensiun jika tak bekerja lagi, besar manfaatnya,” kata dia.

Dalam kuliah umum yang diberikan, Deputi Direktur Bidang Pelayanan dan Pengembangan Kanal
BPJS Ketenagakerjaan, Yasaruddin sebagai pemateri, menginspirasi mahasiswa UIB.

Yasaruddin memaparkan seputar jaminan sosial dan program-program BPJS Ketenagakerjaan seperti, Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Kematian (JKm), Jaminan Hari Tua (JHT) dan Jaminan Pensiun (JP).

“Kita dapat amanah dari UU untuk menyelenggarakan program sosial jaminan ketenagakerjaan. Kita lakukan sosialisasi dan edukasi jaminan sosial sejak dini karena para mahasiswa ini adalah calon pekerja juga,” kata Yasaruddin kepada wartawan, di UIB.

Yasaruddin berharap sosialisasi dan edukasi ini mampu mendorong para mahasiswa agar saat memasuki lapangan kerja nanti, mereka sadar akan pentingnya jaminan sosial ketenagakerjaan untuk melindungi diri dari kecelakaan kerja.

“Alhamdulillah kegiatan berjalan lancar. Semua mahasiswa sangat antusias mengikuti kuliah umum. Semoga acara ini bisa kami selenggarakan setiap tahun, karena pendidikan dasar tentang jaminan sosial sangat penting untuk diberikan kepada masyarakat luas,” ucapnya.

Kepala Kantor BPJS Ketenagakerjaan Cabang Batam Nagoya Surya Rizal menjelaskan, edukasi ini sebagai ilmu pengetahuan bagi mahasiswa yang akan menghadapi dunia kerja dimasa yang akan datang. Mahasiswa sudah mengenal lebih dini apa itu jaminan sosial dan apa itu BPJS Ketenagakerjaan.

“Perlu kami sampaikan, setelah adanya kegiatan ini mahasiswa kan dapat mengenal lebih dini apa saja program jaminan sosial dan visi misi BPJS Ketenagakerjaan jelang mereka memasuki dunia kerja,” kata Surya.

Surya menambahkan, saat ini jumlah kepesertaan pada sektor Penerima Upah (PU) atau formal dengan jumlah 220 ribu peserta, sudah termasuk kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan Batam Nagoya dan Batam Sekupang, dari target 540 ribu peserta.

Sebanyak 320 ribu, target yang belum tercapai tersebut dapat dilihat dengan kondisi industri dan perusahaan di Batam yang sedang mengalami penurunan alias tutup.

Kendati demikian, Surya optimis, awal 2018 dirinya berharap perekonomian Batam dapat meningkat dengan tumbuh berkembangnya industri dan perusahaan di Batam.

“Kita optimis dan selalu mensosialisasikan sesuai yang diamanahkan undang-undang. Selain PU, sektor bukan penerima upah telah mengalami peningkatan, itu bagi kesadaran mereka untuk menjadi kepesertaan di BPJS Ketenagakerjaan,” tuturnya.

Selain 40 Menit Mengajar, BPJS Ketenagakerjaan juga memberikan bantuan literatur sebesar Rp10 juta kepada Universitas International Batam yang diserahkan oleh Deputi Direktur Bidang Pelayanan dan Pengembangan Kanal kepada Wakil Rektor II UIB Dr. Teddy Jurnali.

Penyerahan bantuan literatur sebesar Rp10 juta kepada Universitas International Batam yang diterima melalui Deputi Direktur Bidang Pelayanan dan Pengembangan Kanal kepada Wakil Rektor II UIB Dr. Teddy Jurnali. (PM Foto:Erwin Syahril)

40 Menit Mengajar juga dihadiri Wakil Rektor III Dr. Hepy Hefri Ariyanto, Dosen Prodi Management UIB Agustinus Setiawan, Kabid Pemasaran BPJS Ketenagakerjaan Batam Sekupang Said Ahmad Fuad, Kabid BPU BPJS Ketenagakerjaan Nagoya Rini Suryani. (Erwin)